Pentagon ke Menlu Saudi : Selamat, Anda Masih Hidup, Iran Mencoba untuk Membunuh Anda

0
1014

Pentagon ke Menlu Saudi : Selamat, Anda Masih Hidup, Iran Mencoba untuk Membunuh Anda.

Kepala Pentagon atau Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) James Mattis mengucapkan selamat kepada Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi Adel al-Jubeir.

Mattis mengingatkannya dari upaya pembunuhan yang gagal oleh Iran saat Jubeir menjadi Duta Besar di Washington tahun 2011 silam.

” Halo … Selamat, Anda masih hidup hidup … saya teringat Iran mencoba untuk membunuh Anda,” ucap Mattis saat menyambut Jubeir dan anggota lain dari delegasi Saudi yang dipimpin oleh Wakil Putra Mahkota Mohammed bin Salman, seperti dilansir dari Al Arabiya, Sabtu, (18/3/2017).

Pangeran Muhammad bin Salman, yang juga Menteri Pertahanan Arab Saudi bersama dengan Menlu Adel Al-Jubeir bertemu dengan Mattis di Pentagon untuk membahas tantangan yang berkaitan dengan situasi regional terkait sepak terjang Iran yang jadi rival Saudi di Timur Tengah.

Menjadi Target Pembunuhan oleh Iran

Menteri luar negeri Saudi, Adel Al-Jubeir selamat dari upaya pembunuhan sebagai bagian dari rencana Iran pada 2011 ketika dia duta besar Arab Saudi di Iran.

Dalam sidang di Pengadilan Federal di New York, ada dua terdakwa yang terlibat konspirasi untuk membunuh Jubeir.

Kedua terdakwa itu adalah Manssor Arbabsiar yang ditangkap dan dijatuhi hukuman 25 tahun penjara dan Gholam Shakuri seorang perwira Garda Revolusi Iran yang saat ini diyakini berada di Iran.

Iran dituduh terlibat dalam beberapa upaya pembunuhan terhadap diplomat Arab Saudi selama 1989-1990 termasuk pembunuhan empat diplomat Saudi di Thailand; Abdullah al-Maliki, Abdullah al-Basri, Fahd al-Bahli dan Ahmad al-Saif.

Pada tahun 2011, rezim Iran juga dilaporkan terlibat dalam pembunuhan diplomat Saudi Hassan al-Qahtani di Kota Karachi, Pakistan.

Sumber : Al-Arabiya

Facebook Comments
Bagi para pembaca yang Ingin Berdonasi untuk kemajuan dakwah kami

Bisa transfer ke rekening BNI Syariah kantor cabang Surakarta 0454-730-654  

Mohon konfirmasi setelahnya ke  Facebook.com/KamusIslam

LEAVE A REPLY