Bisakah Kita Belajar Melalui Google

0
18

 

Mengingat banyaknya orang yang mengatakan “Jangan belajar dari Google”, perlu kita ketahui bahwa sebenarnya google hanyalah ‘search engine’ (mesin pencari). Tentu ketika kita mencari sesuatu, belum tentu kita menemukan yang sesuai (yang benar) karena itu juga tergantung dari orang yang mencari, jadi jangan sepenuhnya salahkan Google si mesin pencari.

Contohnya ketika kita mencari “Do’a berbuka puasa” di Google, Google hanya akan memberikan alamat – alamat yang memuat artikel seputar “Do’a berbuka puasa”, jadi bukan Google yang memberikan jawaban dari “Do’a berbuka puasa”. Lalu siapa yang menjawab ? Tentunya orang – orang yang menulis di alamat (website) mereka sendiri. Sehingga terkadang ada jawaban yang bervarian alias berbeda tergantung orang yang menulis pada alamatnya (website).

Tentunya kita harus cermat & teliti dalam mencari informasi. Kita tidak bisa hanya sekali mencari kemudian membaca 1 artikel lantas percaya 100% tanpa memverifikasi, tanpa kita tau ‘Siapa penulis artikel tersebut’ atau ‘darimana sumber / rujukan / bukti dari artikel tersebut?’ dan lain sebagainya.

Kembali ke contoh diatas (“Do’a berbuka puasa”). Mungkin kita akan menemukan artikel dengan jawaban (1)”Allahumma laka sumtu…” mungkin juga menemukan jawaban (2)”Dzahabaz zamaa-u wabtalatil ‘uruu’qu…”. Tentunya kita perlu telusuri dari jawaban (1) dan jawaban (2). Manakah artikel yang lebih terpercaya, tentunya artikel yang ditulis oleh orang yang tsiqah (dipercaya) bukan orang yang majhul (tidak dikenal) atau bahkan seorang kadzib (pembohong).

Lalu apakah orang tersebut (si penulis artikel) mempunyai sumber / rujukan / bukti bahwa apa yang ditulisnya itu bisa diuji kebenarannya ? misalnya sumbernya dari kitab hadits sunan Abu Daud, dengan rujukan para ahli hadits yang menyatakan bahwa hadits tersebut tidaklah dhaif (lemah) atau bahkan (maudhu) palsu. Serta dengan bukti, sehingga semua informasi pada artikel itu bukan hanya sekedar karangan si penulis atau hanya kata si Fulan dan kata si Fulan.

Sehingga dengan demikian, kita bisa lebih mudah dalam menemukan informasi yang bisa dipercaya serta menyingkirkan informasi yang tidak meyakinkan. Semoga tulisan pendek ini bisa membuat kita lebih cermat & teliti dalam mencari & membaca informasi insyaallah.

Facebook Comments
Bagi para pembaca yang Ingin Berdonasi untuk kemajuan dakwah kami

Bisa transfer ke rekening BNI Syariah kantor cabang Surakarta 0454-730-654  

Mohon konfirmasi setelahnya ke  Facebook.com/KamusIslam

LEAVE A REPLY