Pesan Hasyim : Islam Adalah Penebar Damai, Bukan Agama Kekerasan

0
88

Pesan Hasyim : Islam Adalah Penebar Damai, Bukan Agama Kekerasan

Satu minggu sebelum berpulang, mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul (PBNU) Hasyim Muzadi berpesan kepada Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa agar senantiasa menguatkan persaudaraan antarumat beragama.
“Almarhum menyampaikan bahwa Islam adalah penebar damai dan kasih, bukan kekerasan,” kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa yang hadir di kediaman Hasyim Muzadi area Pondok Pesantren Al-Hikam, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (16/3).

Sebagai Ketua Umum Muslimat NU, Khofifah selalu berinteraksi dengan Hasyim termasuk di saat-saat terakhir Hasyim. Anggota Dewan Pertimbangan Presiden ini menyampaikan kepada Khofifah bahwa Islam tidak pernah mengajarkan kekerasan. Islam mengutamakan akar persaudaraan.

“Utamakan oyot (akar) persaudaraan. Indonesia ini plural dan multikultur. Beliau berpesan kepada saya agar generasi penerus bangsa ini harus memahami bahwa mayoritas harus melindungi minoritas dan minoritas harus menghormati mayoritas,” papar Khofifah.

Bagi Khofifah sosok Kiai Hasyim tidak akan tergantikan. “Sulit menemukan sosok seperti kiai. Pesan beliau merupakan pesan yang cukup berat tapi pasti saya akan berusaha menjalakannya,” pungkas Khofifah.

Hasyim selalu berpesan bahwa jika dirinya wafat, untuk dimakamkan di kediamannya Kukusan, Beji, Depok, agar selalu dekat dengan para santrinya di Pondok Pesantren Al Hikam.

Khofifah mengatakan, pondok pesantren ini mendidik siswanya menjadi penghapal Alquran atau hafizh Alquran. “Para santri di sini tidak hanya dididik Alquran, tapi juga pemahaman kebangsaan. Para santri di sini dididik untuk kemudian dikirim ke daerah terpencil di pedalaman agar mereka dapat menyebarkan Islam dan mengajarkan Alquran yang penuh dengan kedamaian,” tutur Khofifah.

Diungkap Khofifah, sejak pukul 02:30 hingga pukul 04:00 dini hari tadi, dirinya masih mendapatkan kabar kesehatan Hasyim dari Direktur Rumah Sakit Lavalette. Saat itu kondisi Hasyim sudah mengalami penurunan denyut nadi. “Pukul 06:00 beliau meninggal dunia. Tetapi tim dokter mengabari saya pada pukul 06:26 untuk memastikan. Saya langung ke Depok. Saya izin Pak Presiden karena saya hari ini seharusnya mendampingi beliau ke Kalimantan Barat bersama Menteri Kesehatan,” ujar Khofifah.

Tinggalkan Balasan