Si Hayyin, Si Layyin, Si Qaribin, dan Si Sahlin Yang Tidak Bisa disentuh oleh Api Neraka, Siapa Mereka?

0
6959

 

Tahukah kamu wahai saudaraku yang mudah-mudahan senantiasa diberkahi oleh Allah ta’ala? Bahwa Si Hayyin, Si Layyin, Si Qaribin, dan Si Sahlin itu tidak Bisa disentuh oleh Api Neraka!!! Ini penjelasanya:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِمَنْ تَحْرُمُ عَلَيْهِ النَّارُ؟, قَالُوا: بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ, قَالَ: ” كُلُّ هَيِّنٍ لَيِّنٍ قَرِيبٍ سَهْلٍ

انظر صَحِيح الْجَامِع: 3135 , صَحِيح التَّرْغِيبِ وَالتَّرْهِيب: 1747

Dari Abdillah bin Mas’ud radhiyallahu anhu ia berkata: telah bersabda rasulullah shallallahu alaihi wa sallam: “Maukah kamu aku tunjukkan orang yang diharamkan neraka baginya? Para sahabat menjawab: tentu saja wahai Rasulallah! Beliau shallallahu alaihi wasallam menjawab: “(Haram tersentuh api neraka orang yang) Hayyin, Layyin, Qarib, Sahl“.

Lalu mungkin muncul pertanyaan dalam benak kita siapa itu Si Hayyin, Si Layyin, Si Qaribin, dan Si Sahlin Yang Tidak Bisa disentuh oleh Api Neraka itu? Di bawah ini akan kami jelaskan:

  1. Siapa Si Hayyin itu?
    Si Hayyin adalah orang yang memiliki sifat tenang dan berwibawa, baik pada sikap lahir maupun batinnya. Tidak labil atau tidak mudah tersulut emosi (ini karena kedalaman ilmunya tentang agama), tidak grusa-grusu dalam segala hal, dan senantiasa penuh pertimbangan. Tidak gampang mencaci, melaknat dan tidak gampang ngamuk hanya karena tersulut berita yang sampai padanya.
  2. Siapa Si Layyin itu?
    Si Layyin itu adalah orang yang lembut dan penuh kasih sayang, baik dalam bertutur-kata atau pada perbuatannya, taukah kamu wahai saudaraku? Bahwa Si Layyin itu tidak pernah berbuat kasar atau melakukan perbuatan semau gue, tidak suka marah-marah pada saudaranya muslim tanpa alasan yang syar’i. Lemah lembut dan selalu menginginkan kebaikan untuk sesamanya.
  3. Siapa Si Qaribin itu?
    Si Qaribin itu adalah orang yang mudah untuk diajak berteman, ia suka menyambung silaturahmi, mudah akrab dengan seseorang, ramah diajak bicara, menyenangkan bagi orang yang mengajak bicara. Biasanya murah senyum, jika bertemu dengan saudaranya muslim wajahnya berseri-seri dan enak dipandang, suka menebarkan salam baik kepada orang yang ia kenal atau pada orang yang belum ia kenal.
  4. Siapa Si Sahlin itu?
    Si Sahlin adalah orang yang suka mempermudah urusan orang lain, tidak suka mempersulit sesuatu. Si Sahlin ini selalu menawarkan solusi bagi setiap permasalahan. Tidak suka berbelit-belit, tidak menyusahkan dan membuat orang lain lari dan menghindar.

Empat Kelompok orang inilah yang dijelaskan dalam hadits yang termasuk diantara orang yang nanti akan terhindar dari api neraka yang menyala-nyala, yang Keempat-empatnya memiliki makna yang saling melengkapi dalam bingkai akhlak yang terpuji.
Mari kita senantiasa Berdoa kepada Allah yang maha memberi petunjuk semoga kita termasuk semua golongan yang tersebut di atas..In syaa Allah Aamiin…..

Tinggalkan Balasan