ITIKAF DI BULAN RAMADHAN, bagaimana Solusinya Jika Kerja, Tapi Tetap Ingin Itikaf?

0
80

Bagaimana Cara I’tikaf di Bulan Ramadhan

Makin akhir dari bulan Ramadhan harusnya kita makin semangat untuk beramal, artinya grafiknya harus makin naik. Tahajud, baca Al-Qur’an, sedekah harus makin bertambah. Kalau bisa melakukan i’tikaf di akhir Ramadhan. Biasa dilakukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam selama sepuluh hari. Walau sepuluh hari ini bukanlah syarat. Intinya, i’tikaf itu konsen melakukan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah di dalam masjid, tidak keluar dari masjid selama berniat untuk beri’tikaf.

Ikuti ulasan dalam video ini, potongan dari Kajian Riyadhush Sholihin oleh Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal di Pesantren Darush Sholihin.

Mau ikut I’tikaf Tapi Kerja

Solusinya adakah?

Jika ada yang bertanya, bolehkah beri’tikaf di akhir-akhir Ramadhan hanya pada malam hari saja karena pagi harinya mesti kerja? Jawabannya, boleh. Karena syarat i’tikaf hanya berdiam walau sekejap, terserah di malam atau di siang hari. Misalnya sehabis shalat tarawih, seseorang berniat diam di masjid dengan niatan i’tikaf dan kembali pulang ke rumah ketika waktu makan sahur, maka itu dibolehkan.

Baca selengkapnya di sini : https://rumaysho.com/3509-i-tikaf-di-…

Tonton penjelasan bagus dalam video ini.

Demikian, semoga bermanfaat

WaAllahu’a’lam bishshawaab

Tinggalkan Balasan