Orang Yang Beriman Percaya Akan Diuji..

0
194

Allah tidak hanya memberi tahu kita bahwa percaya kepada-Nya dan menyembah-Nya harus sabar ketika kita menderita ujian. Tidak, kerusakan dan pengujian akan tetap terjadi. Dia mengatakan secara retoris kepada kita (interpretasi makna) :

“Apakah orang mengira bahwa mereka akan ditinggal sendirian ketika mereka berkata,” Kami percaya, “dan bahwa mereka tidak akan diadili?”

(Surat al-ʿAnkabut: 2)

Dengan kata lain: Apakah orang-orang ini tidak yakin bahwa mereka akan diuji?

Kata-kata yang jelas ini menjelaskan bahwa dengan tulus percaya kepada Allah tidak berarti bahwa hidup seseorang akan selalu makmur. Allah berfirman di bawah ini (interpretasi makna):

“Dan memang, Kami telah menguji mereka sebelum mereka.”

(Surat al-ʿAnkabut: 3)

Titik awalnya adalah seseorang diuji di tempat tinggal sementara ini, dan tidak ada orang percaya yang terlindung dari hal ini. Tugas yang ada pada kita adalah untuk menangkal cobaan dengan mengambil sumber daya yang diperlukan untuk ini dan tidak hanya bersandar. Percaya kepada Allah mengharuskan kita menyingsingkan lengan baju dan mengambil tindakan. Oleh karena itu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata: “Berlindung dengan Allah dan jangan lemah.”

(Muslim)

Seseorang sekarang dapat bertanya: “Mengapa kita harus mempertimbangkan cara-cara ini jika sudah ditentukan bahwa orang percaya akan diadili?” mengatakan (interpretasi artinya):

“Allah tentu saja mengenal mereka yang berbicara dengan tulus dan Dia pasti tahu para pembohong.”

(Surat al-ʿAnkabut: 3)

Ketika hal di atas menjadi jelas, kita tidak perlu melakukan apa pun selain menunjukkan kesabaran dan melakukan yang terbaik untuk menarik yang baik dan menjauhkan yang jahat. Allah akan menilai perbuatan baik kita berdasarkan niat kita, terlepas dari apakah kita berhasil atau tidak. Maka sucikanlah niat dihati kita, bertindaklah sesuai dengan pengetahuan dan kebijaksanaan, dan berhati-hatilah terhadap mereka yang mengecilkan hati kita.


@etikakasrini / Referensi : www.al-yaqeen.com 

Tinggalkan Balasan