Arab Saudi Kunjungi Kemlu RI Bahas Bantuan yang Diperlukan untuk Korban Gempa Palu

0
275

Arab Saudi Kunjungi Kemlu RI Bahas Bantuan yang Diperlukan untuk Korban Gempa Palu

Tim Kemanusiaan Arab Saudi dari King Salman Humanitarian Aid and Relief Center yang diketuai oleh Khalid Abdurrahman Al Salamah beserta rombongan, dan didampingi Oleh Khalid Marzouq Al Oteibi, Kepala Divisi Urusan Keislaman di Kedutaan Arab Saudi di Jakarta, menyambangi kantor Kementerian Luar Negeri RI dan disambut oleh sejumlah pejabat terkait diantaranya Firdaus Dahlan, dari Direktorat Afrika di Kemlu RI yang juga merupakan anggota dari Tim Khusus penerimaan bantuan luar negara untuk bencana di Palu.

Khalid Al Oteibi menjelaskan bahwa kunjungan ini adalah dalam rangka membahas bantuan kemanusiaan yang dapat diberikan oleh Pemerintah Arab Saudi untuk para korban gempa dan tsunami Palu dan Donggala.

“Indonesia adalah negara yang sangat istimewa di hati kami, hubungan kedua bangsa melebihi hubungan emosional dan hubungan saudara. Yang Mulia Raja Salman sangat concern terhadap apa yang menimpa rakyat Indonesia, sehingga secara khusus mengalokasikan dana bantuan bagi para korban bencana baik di Lombok maupun di Palu” lanjut khalid menjelaskan.

Dia juga menambahkan bahwa KS Relief telah menyiapkan sejumlah paket sembako sebanyak 5000 paket kebutuhan pokok yang dibeli di Indonesia dan siap didistribusikan kepada para korban dari total yang akan diberikan sebanyak 370 ton bahan pokok.
Khalid Al Salamah menyampaikan bahwa dia merupakan seseorang yang sudah lama bergelut di bidang kemanusiaan di berbagai negara, dan diantaranya adalah Indonesia.
“Saya bukanlah orang baru di Indonesia, karena hampir enam tahun saya ikut serta dalam proses penanggulangan bencana pada tsunami Aceh dan banjir di Bantul Jogjakarta”.
Pihak KS Relief juga menanyakan kebutuhan dan bantuan apa saja yang bisa diberikan oleh Arab Saudi terkait musibah gempa dan tsunami tersebut.

Di lain pihak, Kemlu RI sangat menyambut baik bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Arab Saudi, terutama bantuan-bantuan yang sangat mendesak seperti bahan pokok.
“Saat ini para pengungsi juga sangat membutuhkan tenda keluarga dan mesin genset, serta alat water filter” sambungnya.

Sumber : ARTVISI, Media Center Kedutaan Arab Saudi di Jakarta

Tinggalkan Balasan