Pemerintah Saudi Bagikan Jutaan Eksemplar Buku Keislaman untuk Jamaah Haji

0
27

Pemerintah Saudi Bagikan Jutaan Eksemplar Buku Keislaman untuk Jamaah Haji

MADINAH — Musim haji telah tiba. Jutaan umat Islam dari seluruh dunia datang menuju ke tanah suci untuk menunaikan ibadah rukun Islam ke lima. Banyaknya orang berkumpul ke tanah suci dimanfaatkan oleh pemerintah Arab Saudi untuk menyebarkan dakwah dan risalah Islam. Kementrian urusan Islam Arab Saudi membagikan buku-buku keislaman gratis kepada seluruh jamaah haji yang datang.

Pembagian buku ini mulai dilakukan sejak jamaah haji tiba di bandara, maupun saat di beberapa tempat-tempat penting, seperti di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Ada jutaan eksemplar buku kecil yang dibagikan untuk jamaah haji. Buku-buku tersebut berisi panduan ibadah umrah, haji, penjelasan akidah yang benar, hingga kumpulan doa-doa dari Al Quran dan Sunnah.

Buku yang dibagikan adalah karya para ulama besar Arab Saudi, seperti Syaikh Abdul Aziz bin Baz, Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin, dan beberapa ulama lainnya. Buku ini sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa di dunia, termasuk bahasa Indonesia.

Untuk mensukseskan distribusi dan pembagian buku, pihak pemerintah Arab Saudi membuka rekrutmen kepada warga Saudi yang ingin bekerja pada saat musim haji. Mereka bertugas membagikan buku tersebut di bandara, dan tempat-tempat strategis lainnya.

Nashir Al Anazi, salah satu petugas yang membagikan buku-buku keislaman di bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah, mengatakan bahwa tugas yang dilakukan hanya pada saat musim haji, selama dua bulan saja. Pria yang masih duduk di bangku SMA ini, memanfaatkan momen liburan untuk hal yang bersifat positif. “Saya kerja musim haji saja, selama dua bulan. Gaji saya, sebulan, sebesar 3000 riyal,” kata Nashir, saat ditemui, Selasa (24/7/2018).

Nashir kerja dibagi dua shift dengan rekannya. Malam itu, dia mendapat tugas untuk membagikan buku kepada jamaah haji Indonesia. “Saya membagikan buku kepada jamaah haji seluruh dunia, yang datang di bandara Madinah ini,” ucap Nashir.

Pemerintah Arab Saudi juga membagikan mushaf Al Quran kepada setiap jamaah haji. Hanya, pembagiannya dilakukan pada saat jamaah haji akan pulang ke negaranya. “Ada mushaf juga, tapi itu dibagikan nanti saat selesai haji,” ujar Nashir.

Pantauan di lokasi, semua jamaah haji Indonesia menerima buku tersebut. Sebagiannya ada yang langsung dibaca, sebagian lain disimpan di saku atau di tas.

Di Pelataran Masjid Nabawi

Pembagian buku juga dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi, di pelataran Masjid Nabawi. Hanya, di tempat ini bukan dikhususkan musim haji saja, tetapi sepanjang hari.

Lokasi pembagian buku ini tepat di samping pintu gerbang menuju masjid. Di ruangan kecil ini juga disediakan petugas yang menjawab beberapa pertanyaan keislaman, utamanya tentang manasik haji dan umrah.

Jika di bandara, petugas membagikan buku kepada jamaah satu persatu, di tempat ini, petugas tidak membagikan langsung, tetapi jamaah yang datang menemui petugas.

Pantauan di lokasi, salah satu pos pembagian buku di dekat pintu 21 Masjid Nabawi, penuh sesak oleh jamaah dari berbagai negara. Di dekat pos ini banyak berjejer kursi, yang kemudian dimanfaatkan untuk pos sektor khusus Daerah Kerja Madinah, sebuah pelayanan bagi jamaah haji Indonesia yang tersesat atau memerlukan pertolongan.

Tinggalkan Balasan