Arab Saudi Mengalokasikan Dana $ 1,5 Miliar Dolar untuk Rekonstruksi Irak

0
71

Arab Saudi Mengalokasikan Dana $ 1,5 Miliar Dolar untuk Rekonstruksi Irak

Arab Saudi mengalokasikan dana $ 1,5 miliar dolar untuk rekonstruksi Irak. Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Adel Al Jubeir dalam pertemuan Dewan Menteri di Kuwait, Rabu, (14/2/18) untuk membahas pembangunan Irak kembali pasca dilanda perang melawan ISIS.

Adel Al Jubeir mengatakan bahwa Arab Saudi melalui Saudi Fund for Development mengalokasikan dana senilai $1.5 miliar dolar untuk rekonstruksi tersebut. Sementara Kuwait mengalokasikan pinjaman sebesar $ 1 miliar dari Kuwait Fund for Arab Economic Development dan $ 1 miliar untuk investasi langsung.

Turki mengatakan akan mengalokasikan dana senilai $ 5 miliar dolar dan Qatar mengumumkan akan memberikan dana investasi senilai $ 1 miliar dolar. Sementara itu, Uni Emirat Arab mengalokasikan dana $ 500 juta dolar. Jerman mengatakan akan memberikan bantuan sebesar $ 350 juta dolar dan Inggris menjanjikan $ 1 miliar dolar per tahun untuk kredit ekspor selama lebih dari 10 tahun.

Irak mengatakan bahwa dibutuhkan dana senilai $ 88 miliar dolar untuk membangun kembali wilayah-wilayah di negara tersebut yang hancur akibat pendudukan ISIS dan peperangan untuk mengalahkan kelompok teroris tersebut.

Sumbangan tersebut masih jauh dari keseluruhan jumlah yang dibutuhkan oleh Irak. Irak memperkirakan $ 17 miliar dolar segera diperlukan untuk membangun kembali rumah penduduk.

Menurut laporan PBB, Jutaan warga Irak telah kembali ke rumah mereka untuk membangun kembali kehidupan mereka, namun 2,5 juta masih berada dalam tempat pengungsian.

Sumber : Arabnews

Tinggalkan Balasan