Pemerintah Yaman Desak Dunia Internasional Berikan Sanksi atas Iran dan Syi’ah Houthi

0
65

Pemerintah Yaman Desak Dunia Internasional Berikan Sanksi atas Iran dan Syi’ah Houthi

Pemerintah Yaman menyerukan agar masyarakat internasional mengambil tindakan segera untuk menerapkan semua Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa terutama resolusi 2216 yang menyatakan larangan memasok senjata kepada kelompok teroris dimanapun.

Pemerintah Yaman juga menyerukan Rezim Iran dan milisi Houthi untuk bertanggung jawab atas tindakan bermusuhan mereka terhadap orang-orang Yaman dan wilayah tersebut. Pemerintah Yaman menyebut mereka telah menghalangi proses politik dan memperpanjang krisis politik dan kemanusiaan di negara tersebut.

Pemerintah Yaman turut menyambut baik laporan PBB yang mengecam ikut campur tangannya Iran secara terang-terangan dalam urusan dalam negeri Yaman dengan mendukung dan mempersenjatai kelompok teroris Houthi.

Laporan PBB membeberkan fakta-fakta bahwa Iran secara jelas telah memberikan dukungan kepada milisi teroris Houthi teroris dengan menyelundupkan senjata maupun rudal balistik, memberi mereka roket tingkat lanjut dan berbahaya yang mengancam keamanan dan stabilitas Yaman, serta wilayah tersebut.

Kementerian Luar Negeri Yaman mengatakan bahwa dukungan yang diberikan Iran kepada milisi seharusnya tidak hanya akan dikutuk, namun Teheran harus dimintai pertanggungjawaban atas tindakannya.

Pemerintah Yaman menyatakan dukungannya atas upaya Utusan Khusus PBB untuk Yaman Ismail Ould Sheikh Ahmed yang saat ini tengah berupaya menemukan solusi politik untuk krisis negara tersebut.

Tinggalkan Balasan