Jangan sampai Menjadi Orang yang Bangkrut (Muflis)

0
339

Jangan sampai jadi Orang yang Bangkrut, namun siapakah orang yang bangkrut itu ? mari simak hadits berikut ini :

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, bahwasanya rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bertanya kepada para sahabat, “Tahukah kalian, siapakah orang yang bangkrut itu?” Para sahabat menjawab, “Menurut kami, orang yang bangkrut diantara kami adalah orang yang tidak punya dirham dan harta kekayaan.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Sesungguhnya umatku yang bangkrut adalah orang yang pada hari kiamat datang dengan (pahala) shalat, puasa, dan zakat, tetapi ia selalu mencaci-maki, menuduh, dan makan harta orang lain serta membunuh dan menyakiti orang lain.

Setelah itu, pahalanya diambil untuk diberikan kepada setiap orang dari mereka (yang dizhalimi) hingga pahalanya habis. Sementara tuntutan dari mereka (yang dizhalimi) banyak yang belum terpenuhi. Lalu, sebagian dosa dari mereka (yang dizhalimi) diambil untuk dibebankan kepada orang tersebut, hingga akhirnya ia dilemparkan ke neraka.” [Shahih Muslim]

Na’udzubillah, jangan sampai pahala dari sholat, puasa dan semua amalan sholeh yang pernah dilakukan menjadi milik orang lain yang kita zhalimi, baik dizhalimi melalui lisan kita (seperti menghibah) ataupun perbuatan kita.

Kita terkadang dengan gampangnya melakukan perbuatan yang merugikan (menzhalimi) orang lain dan merasa hal tersebut adalah hal kecil, namun tanpa kita sadari, hal tersebut telah “Mentrasfer” pahala kita sedikit demi sedikit kepada orang yang kita zhalimi.

Sungguh kerugian yang besar, pahala kita sudah sedikit, dan menjadi semakin sedikit karena malah kita “Transfer” kepada orang yang kita zhalimi.

Tinggalkan Balasan