Tauhid Syarat Mutlak Masuk Surga

Oleh :  Ust. Abdullah Roy, MA.

Setiap orang yang menginginkan kebahagiaan di surga maka dia harus memiliki modal yang satu ini, yaitu Tauhid. Tidak akan masuk surga kecuali orang-orang yang bertauhid. Orang yang bertauhid pasti akan masuk surga meskipun mungkin sebelumnya dia diazhab terlebih dahulu dalam neraka karena dosa-dosa yang pernah dilakukannya di dunia. Nabi صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda :

مَنْ شَهِدَ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، وَأَنَّ عِيْسَى عَبْدُ الله وَرَسُوْلُهُ، وَكَلِمَتُهُ أَلْقَاهَا إِلَى مَرْيَمَ وَرُوْحٌ مِنْهُ وَالْجَنَّةَ حَقٌّ وَالنَّارَ حَقٌّ أَدْخَلَهُ الله الجَنَّةُ عَلَى مَا كَانَ مِنَ الْعَمَلِ

“Barangsiapa yang bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah saja, tidak ada sekutu bagiNya, dan bersaksi bahwa Muhammad adalah hambaNya dan rasulNya, dan bahwa ‘Isa adalah hamba Allah dan rasulNya dan kalimatNya yang Dia tiupkan kepada Maryam, dan ruh dariNya, dan bersaksi bahwa surga benar adanya, dan neraka benar adanya, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga, bagaimanapun amalan yang telah dia amalkan” (HR. Bukhari dan Muslim, dari Ubadah bin Shamit رضي الله عنه)

Dalam hadits yang lain, Nabi kita صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda :

فَإِنَّ الله قَدْ حَرَّمَ عَلَى النَّارِ مَنْ قَالَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله . يَبْتَغِى بِذَلِكَ وَجْهَ الله

“Maka sesungguhnya Allah telah mengharamkan neraka bagi orang yang mengatakan “La ilaha illAllah”, yang mengharap dengannya wajah Allah” (HR. Bukhari dan Muslim, dari Itban bin Malik رضي الله عنه)

Dengan demikian, tidak heran jika prioritas dakwah para rasul dan orang-orang yang mengikuti mereka adalah Tauhid.

—oo00oo—

Tinggalkan Balasan