Adab dan Anjuran Islam Dalam Menguap

0
223

Adab dan Anjuran Islam Dalam Menguap

Menguap adalah gerakan refleks menarik dan menghembuskan nafas yang sering terjadi pada saat seseorang merasa letih atau mengantuk.

Para dokter zaman sekarang mengatakan,” Menguap adalah gejala yang menunjukkan bahwa otak dan tubuh membutuhkan oksigen dan nutrisi dan karena organ pernapasan kurang dalam menyuplai oksigen kepada otak dan tubuh.

Ketika menguap, mulut akan terbuka dan menghirup udara melalui mulut. Pada saat itu maka mikroba dan debu atau kutu akan masuk ke dalam tubuh.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam menyuruh kita melawan “menguap” ini sekuat kemampuan kita, atau menutup mulut saat menguap dengan tangan kanan atau pun dengan punggung tangan kiri.

(Lihat Al-Haqaiq Al-Thabiyah fii Al-Islam:hal.155, dinukil dari web www.alsofwah.or.id via Rumaysho.com)

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

“Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Karenanya apabila salah seorang dari kalian bersin, lalu dia memuji Allah, maka kewajiban atas setiap muslim yang mendengarnya untuk mentasymitnya ( mengucapkan yarhamukallah ) Adapun menguap, maka dia tidaklah datang kecuali dari setan. Karenanya hendaklah menahan menguap semampunya. Jika dia sampai mengucapkan ‘haah’,maka setan akan menertawainya”. (HR.Bukhari no.6223 dan muslim no.2994).

Tidak ada bacaan dzikir khusus yang dibaca ketika menguap, karena Rasulullah shalallahu ‘alahi wasallam tidak pernah mengajarkan atau mencontohkan dzikir atau bacaan tertentu ketika menguap.

***Semoga bermanfaat***

Tinggalkan Balasan