Arab Saudi Kecam Pemerintah Suriah dalam Peristiwa Khan Syaikhun

0
1985
Arab Saudi Kecam Pemerintah Suriah dalam Peristiwa Khan Syaikhun

Penggunaan gas sarin oleh rezim pemerintah Suriah membuat sedikitnya 100 warga Khan Syaikhun, Idlib meninggal dunia. Ratusan lainnya mengalami luka-luka serius akibat peristiwa tersebut.

Atas peristiwa itu, Kerajaan Arab Saudi langsung memberikan pernyataannya. Arab Saudi melalui Kementerian Luar Negeri mengecam dan mengutuk serangan mematikan dengan gas sarin, yang disebut-sebut 20 kali lipat lebih mematikan dibanding sianida.

“Kerajaan Arab Saudi mengutuk dan mengecam  serangan dengan senjata kimia di kota Khan Syaikhun, Provinsi Idlib, Suriah. Peristiwa ini merenggut puluhan nyawa, termasuk anak-anak, perempuan dan warga sipil tak bersenjata. Ini adalah tragedi kemanusiaan baru yang ditambahkan ke catatan berdarah rezim Suriah,” sebut pernyataan Kemenlu Arab Saudi seperti yang dikutip dari alarabiya, Rabu (5/4/2017).

Melalui pernyataan itu, Arab Saudi juga menyebut bahwa tindak pidana ini merupakan tantangan terang-terangan untuk semua hukum internasional dan prinsip-prinsip etika kemanusiaan.

Arab Saudi kemudian menyebut bahwa hal itu  melanggar Konvensi Senjata Kimia dan resolusi Dewan Keamanan PBB. Salah satunya resolusi Dewan Keamanan No 2118 dan penggunaan senjata kimia di Suriah 2209.

Tinggalkan Balasan