Makin Banyaknya Jamaah Haji Yang Masih Muda

0
170

Makin Banyaknya Jamaah Haji Yang Masih Muda

Ibadah haji tidak hanya diperuntukkan bagi orang tua. Kini, banyak jamaah haji yang melakukan rukun kelima di usia muda.

“Semakin Anda muda maka semakin mudah,” kata Saniah (25 tahun), salah satu jamaah asal Inggris yang telah melaksanakan haji pada 2016 seperti dilansir www.9news.com.au, beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, pada 13 tahun lalu, Saniah dan keluarga telah melaksanakan ibadah umrah. Namun, tahun lalu dia memutuskan berhaji.

Selain karena kewajiban umat Islam (bagi yang mampu), kepergiannya berhaji menjadi penanda titik balik kehidupannya. Saniah adalah satu di antara sekitar 1,5 juta Muslim yang datang dari seluruh dunia untuk melaksanakan haji pada 2016.

“Generasi lalu menunggu menjadi tua untuk melakukan haji. Namun generasi saat ini lebih menyadari kewajiban agamanya,” kata dia.

Mohammed (33) melakukan perjalanan ke haji dengan istrinya dari Paris. Teman-teman seumurannya yang beragama Muslim juga sudah menunaikan haji. “Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam. Segera setelah memiliki kemampuan dan sehat, kami memutuskan untuk melakukannya,” kata guru pendidikan jasmani ini.

Menurut Mohammed, lebih baik dirinya menggunakan uangnya untuk pergi haji daripada membeli mobil. “Lebih baik menghabiskan uang kita pada sesuatu yang akan bermanfaat bagi kehidupan spiritualitas,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan