Ternyata, Kesultanan Turki Utsmani Pernah Santuni Belanda

0
75
Ternyata, Kesultanan Turki Utsmani Pernah Santuni Belanda

Ankara. Meskipun keadaan sulit tengah melanda akibat kecamuk Perang Dunia I, ternyata tidak menyurutkan niat Kesultanan Turki Utsmani untuk memberikan santunan kepada Belanda, tepatnya tahun 1916 silam. Santunan berupa dana kemanusiaan tersebut diberikan sebagai bentuk simpati Kesultanan atas banjir bandang yang terjadi di Belanda dan menewaskan 35 orang.

Menurut arsip Utsmaniyah yang dikeluarkan oleh Majelis Wakala’, salah satu instansi Kesultanan, tertanggal 30 Januari 1916 disebutkan, Kesultanan memberikan santunan sebesar 25000 sen untuk setiap orang yang terkena dampak banjir di Belanda. Dana santunan tersebut diantar langsung oleh Menteri Luar Negeri Utsmani saat itu.

Setelah kejadian itu, Menteri Luar Negeri Belanda kemudian mengirim telegraf kepada Duta Belanda, van der Does de Willbois, di Istanbul. Di dalam surat tersebut dikatakan, “Duta besar Utsmani di Belanda menyetorkan dana sebesar 2388 Gulden ke dalam rekening khusus korban banjir.”

Dalam telegraf tersebut juga disampaikan bahwa pihak Kemenlu Belanda mengucapkan terima kasih. Lalu menyarankan kepada van der Willebois agar segera mengunjungi Istana Topkapi, untuk menyampaikan terima kasih atas nama Kerajaan Belanda.

Seorang akademisi Turki, Jawdat Orgul mengatakan kepada Anadolu Agency, langkah yang diambil Kesultanan Utsmani menunjukkan betapa Kesultanan sangat perhatian dan mudah dalam memberikan bantuan kemanusiaan. Dalam peristiwa tersebut, ungkap Orgul, bantuan dari Kesultanan tersebut diberikan kepada Belanda yang saat itu hampir tenggelam akibat banjir bandang yang melanda.

Orgul juga menambahkan, setelah bantuan diberikan, Menlu Belanda kemudian mengirimkan telegraf ucapan terima kasih. Lalu kemudian Duta Belanda mengunjungi Istana Topkapi untuk menyampaikan ucapan terima kasih atas nama Kerajaan Belanda.

Tinggalkan Balasan